EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Bupati Tekankan Usulan Musrenbang Kecamatan Harus Menyentuh Perekonomian Masyarakat

Bupati Natuna, Wan Siswandi, Wakil Ketua I DPRD Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah dan Camat Bungtimla, Yunalis. Fotp/Rusdi


NATUNA - Bupati Natuna membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bunguran Timur Laut tahun 2024.


Musrenbang dengan tema Pemantapan Pembangunan Ekonomi Maritim Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Natuna Yang Unggul dan Sejahtera berlangsung di Aula Kantor Camat Bungtimla. Senin (22/01/2024).


Turut hadir dalam acara Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur Laut Wakil Ketua I DPRD Natuna, Ketua Komisi I DPRD Natuna, Anggota DPRD Kabupaten Natuna dari fraksi PDIP, Tim Asisten Musrenbang Kabupaten Natuna, para Kades dan BPD Se Bunguran Timur Laut, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kecamatan Bunguran Timur Laut.



Bupati Natuna, Wan Siswandi dalam sambutannya berpesan agar seluruh kegiatan pembangunan yang bersifat prioritas yang masuk dalam usulan masyarakat dapat diakomodir.


"Terutama sekali usulan kegiatan-kegiatan yang sifatnya meningkatkan ekonomi masyarakat, kalau tidak salah saya nilainya ada sekitar 11 Miliar untuk Kecamatan bunguran timur laut dan ini harus dilaksanakan dengan baik," imbuh Bupati.

Bupati memaparkan arahannya. Foto/Rusdi


Siswandi berharap pada tahun anggaran 2024 seluruh kecamatan tidak hanya mengusulkan pembangunan yang hanya berbentuk fisik seperti jalan, gedung dan sebagainya namun lebih memikirkan kepada infrastruktur ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.


"Kita ambil contoh pengadaan sapi di dinas ketahanan pangan dan pertanian sebesar 1,2 M. Hal ini kita lakukan guna mendorong pergerakan perekonomian masyarakat melalui swasembada," terangnya.


 Untuk itu, ia berharap pihak kecamatan dapat mengadopsi kegiatan tersebut untuk dijadikan acuan sebagai dasar penguatan ekonomi masyarakat di seluruh kecamatan di Kabupaten Natuna.


"Hal ini juga sesuai dengan visi misi kami yakni memprioritaskan tiga tahun pemerintahan. Tahun pertama bidang infrastruktur, tahun kedua bidang pendidikan dan tahun ke tiga bidang ekonomi dan tahun selanjutnya bidang pertanian, perikanan dan peternakan," lugasnya.


Siswandi yakin dengan pembangunan berbagai sektor yang ia jabarkan ini akan ada perubahan yang signifikan bagi Kabupaten Natuna. Ia juga berharap melalui program-program yang telah dilaksanakan dapat menambah kemajuan Kabupaten Natuna.


Sementara Camat Bunguran Timur Laut, Yunalis dalam laporannya menyampaikan Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur Laut dimulai dari Musrenbang tingkat desa yang ada di Kecamatan Bunguran Timur Laut.


"Jadi usulan-usulan pembangunan yang ada dalam Musrenbang Kecamatan ini tentunya merupakan usulan dari masyarakat," ungkapnya.


Untuk itu ia mengajak seluruh masyarakat untuk bisa mengawasi dan mengawal jalannya pembangunan hasil Musrenbang kecamatan tersebut jika nanti direalisasikan.


Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan DPRD Natuna yang sudah berkenan hadir dalam acara Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur Laut.


"Terimakasih juga saya sampaikan kepada seluruh masyarakat dan pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan acara ini," tutupnya.

Peserta musrenbang khusyu berdoa. Foto/Rusdi


10 usulan pada Musrenbang Tingkat Kecamatan Bunguran Timur Laut yakni, Pembangunan Jalan  Hotmix keluar masuk kantor Kecamatan Bunguran Timur Laut,  Pembangunan Aula Pertemuan UKSPF Kec. Bunguran Timur Laut, Pembangunan Pagar Tembok TKN 003 Kec. Bunguran Timur Laut, Penetapan Tapal Batas Desa Pengadah - Desa Teluk Buton Dan Desa Pengadah - Desa Kelanga.


Pembangunan Jembatan Standar Nasional Desa Selahang Jalan Poros Nasional Desa Limau Manis, Pengadaan Mobil Ambulance UPT Puskesmas Kec. Bunguran Timur Laut, Revitalisasi Mesjid Jami Desa Tanjung, Lanjutan Pembangunan Gedung Belajar 3 Lokal TKN 002 Desa Kelanga, Lanjutan Hotmix Jalan Sutan No 1 Tualang Rindu RT 003 RW 002 Sampai Kantor Desa Sebadai Hulu dan Pembangunan jalan Hotmix Desa Selemam - Desa Ceruk.(rus)






Editor : Rozi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *