EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Daeng Ganda Harap Pembangunan Melalui Usulan Musrenbang Harus Prioritas Dari Masyarakat

Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah (kiri) hadiri Misrenbang, Senin (22/1/2024). Foto/Rusdi


NATUNA - Musrenbang memang menjadi suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap sistem pemerintahan baik dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga pemerintah tertinggi (pusat).


Pemerintah Kabupaten Natuna mulai menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan yang dimulai dari Kecamatan Bunguran Timur Laut dan akam dilanjutkan ke Kecamatan-kecamatan lain.


Musrenbang sebagai forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan memang harus dilaksanakan sebagai bentuk kewajiban dari sistem pemerintahan.


Meski hanya Musrenbang tingkat kecamatan namun hampir seluruh pemangku kepentingan hadir, hal ini agar usulan-usulan prioritas yang disampaikan oleh masyarakat dapat diakomodir dengan baik.


Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah turut menghadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan di Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut pada Seini (22/01/2024).


Kehadiran Daeng Ganda bersama Bupati Natuna dan beberapa anggota DPRD Natuna, beberapa Kepala OPD dan instansi terkait adalah untuk memastikan bahwa usulan musrembang benar-benar usulan dari masyarakat dan usulan prioritas.


Daeng Ganda Rahmatullah kepada awak media menyampaikan, Musrenbang diharapkan akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan kelurahan, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan.



"Usulan-usulan prioritas yang disampaikan oleh masyarakat perlu kita kawal dengan baik hal ini agar apa yang menjadi prioritas bisa kita akomodir sehingga pembangunannya dapat segera terlaksana," imbuh Ganda.


Ganda mengajak seluruh elemen baik pemerintah hingga masyarakat untuk dapat menyatukan persepsi guna menciptakan pembangunan yang baik dan berkualitas sesuai dengan usulan yang diprioritaskan bukan hanya asal membangun.


"Kita harus bersatu untuk Natuna lebih baik dam lebih maju, karena pembangunan yang baik tidak lepas dari bersatunya pemerintah dan masyarakat," sebutnya.


Ganda juga berharap melalui Musrenbang dapat melahirkan usulan-usulan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.


Hal ini menurut Politisi termuda di DPRD Kabupaten Natuna akan meminimalisir adanya kesenjangan di tengah masyarakat.



"Kalau pembangunan yang kita laksanakan benar usulan masyarakat pastinya hal-hal yang tidak di inginkan bisa di hindari," tutupnya.(rus)







Editor : Lukman

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *