EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

BP Batam Raih Predikat Sangat Baik Indeks Perencanaan Pembangunan Nasional

Bundaran Bandara Hang Nadim yang dibangun BP Batam ini membuat laju lalu lintas semakon lancar dan nyaman. Foto/Agam


BATAM - Di bawah komando Muhammad Rudi, Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) kembali mengukir prestasi gemilang. Pada awal tahun 2024 ini, BP Batam meraih Predikat Sangat Baik dengan nilai 93,97 untuk penilaian Indeks Perencanaan Pembangunan Nasional (IPPN) 2023. 


Penilaian ini diberikan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia. Penilaian IPPN ini, dimaksudkan untuk menilai kualitas perencanaan setiap Kementrian/Lembaga yang ditujukan adanya integrasi, sinkronisasi dan keterhubungan antar rencana secara berjenjang atau hierarki.


Hierarki tertinggi, yaitu tingkat nasional wajib menjadi acuan dan didukung pencapaiannya, melalui bukti tertulis yang termuat dalam dokumen rencana strategis Kementrian/Lembaga. 


Hasil penilaian ini tertuang dalam Surat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Nomor:  01568/B/SES/PP.01/01/2024. Hal: Penyampaian Informasi Indeks Perencanaan Pembangunan Nasional (IPPN), yang ditandatangani oleh Sektretaris Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Teni Widuriyanti.


Kepala BP Batam, Muhammad Rudi menyampaikan rasa syukurnya, karena BP Batam meraih Predikat Sangat Baik dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia. Tentunya penghargaan ini akan menjadi motivasi ke depannya agar terus lebih baik.


"Alhamdulillah, BP Batam mendapatkan Predikat Sangat Baik atas penilaian Indeks Perencanaan Pembangunan Nasional tahun 2023. Tentunya penghargaan ini menjadi dorongan yang lebih baik bagi BP Batam kedepannya," ujar Muhammad Rudi.


Atas penghargaan ini, tentu saja Muhammad Rudi memberikan apresiasi kepada semua pegawai di lingkungan BP Batam. Penghargaan yang diterima kali ini, merupakan kebanggaan bagi BP Batam sebagai instansi yang telah memastikan kualitas perencanaan yang disusun, berbasiskan dampak (outcome) untuk kebermanfaatan terhadap masyarakat.


"Mana program yang prioritas harus kita dahulukan. Semua harus direncanakan secara terpusat dan strategis, agar pembangunan prioritas terakomodir semua, sesuai perencanaan anggaran," pesan Muhammad Rudi pada jajarannya.


Disamping itu, ia juga mengajak seluruh jajaranya yang hadir untuk dapat bekerja professional dengan loyalitas untuk untuk membangun Batam. Ia pun menitipkan agar proses pembangunan dan investasi di kota Batam agar dapat berjalan dengan lancar dan nyaman bagi investor.


"Investasi apapun tidak akan ada gunanya, kalau kita sendiri tidak membuat nyaman investasi yang ada didalamnya. Kalau kita tidak membangun Batam, orang enggan datang lagi. Saat Batam Maju, Kepri juga akan maju," pungkas pria yang juga menjabat Walikota Batam ini. 


Sebagaimana diketahui, pada tahun 2023 lalu sejumlah kegiatan telah diselesaikan oleh BP Batam. Seperti pembangunan pada konektivitas darat, diantaranya Jalan Koridor Utama Pelabuhan Batu Ampar-Bandara, mulai dari Ruas Jalan Yos Sudarso Seraya Atas hingga Simpang Laluan Madani, selanjutnya Simpang Laluan Madani hingga Simpang Bandara dan Simpang Batu Besar. Kemudian, telah selesai juga pembangunan Jalan Hang Jebat ruas dari Simpang Batu Besar-Simpang Turi.


Selanjutnya untuk konektivitas laut, BP Batam telah selesai pengadaan Container Crane; revitalisasi Dermaga Utara dan Selatan Pelabuhan Batu Ampar; penggantian Fender Pelabuhan Kabil, serta Penggantian Ponton Pelabuhan Punggur.


Terakhir pada konektivitas udara, telah diselesaikan pembangunan gedung VVIP dan Landscape Bandara Hang Nadim serta revitalisasi pipa Avtur dari Bundaran Punggur ke Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Hang Nadim. (fah)





Editor : Rozi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *