EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Bekuk Yordania, Timnas Qatar Sukses Pertahankan Gelar Juara Piala Asia

Pemain Qatar merayakan kemenangan usai mengalahkan Yordania 3-1 di Fina Piala Asia 2023. Foto/Getty Image


DOHA - Kesebelasan Qatar berhasil menjadi juara Piala Asia 2023 (2024). Hasil ini sekaligus mematahkan kutukan juara bertahan yang sudah terjadi sejak 17 tahun alias di empat edisi terakhir.

Qatar sukses jadi juara Piala Asia setelah mengalahkan Yordania dengan skor 3-1 di babak final, Sabtu (10/2). Dalam laga tersebut, Akram Afif jadi bintang kemenangan lewat hattrick yang ia cetak.

Keberhasilan Qatar ini membuat mereka sukses mempertahankan gelar juara Piala Asia. Pada edisi Piala Asia 2019, Qatar untuk pertama kalinya jadi juara usai mengalahkan Jepang dengan skor 3-1.

Keberhasilan Qatar mempertahankan gelar juara ini sekaligus membuat mereka menghapus kutukan juara bertahan. Pasalnya dalam 17 tahun terakhir, tidak ada juara bertahan yang mampu juara Piala Asia di kesempatan berikutnya.

Sebelumnya tim yang terakhir kali mampu mempertahankan gelar juara Piala Asia adalah Jepang. Setelah jadi juara di Piala Asia 2000, 'Samurai Biru' kembali juara di edisi 2004.

Namun setelah sukses Jepang di 2004 tersebut, tidak ada lagi tim juara bertahan yang mampu mempertahankan gelarnya. Sejak Piala Asia 2007, tidak ada tim juara bertahan yang mampu kembali juara alias sudah 17 tahun lamanya.(alf)







Editor : Rozi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *