EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Wabup Sebut Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Kualitas Daya Saing

Para peserta lomba bahasa Inggris foto bersama Wabup Natuna saat pembukaan festival. Foto/Rusdi


NATUNA - Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda membuka secara resmi Final Natuna English Festival 2024 di Aula Museum Bahari Natuna, Senin (29/4/2024).


Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemkab Natuna dan dididukung oleh Ikatan Guru Indonesia serta sejumlah pendukung lainnya. 


Ketua Panitia Pelaksana, Fauzan Nasri melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sejak 26 sampai 29 April 2024.


Festival ini diikuti oleh 700 peserta yang terdiri dari kalangan pelajar tingkat SLTA sederajat.


Kegiatan serupa dilaksanakan Pemkab Natuna sejak tahun 20213 dan berlangsung hingga tahun ini.


"Tahun ini acara kita gelar dengan dua metode yakni online dan ofline. Tapi khusus untuk finalnya kita gelar secara ofline," kata Fauzan melaporkan.


Adapun jenis mata lomba yang dilombakan meliputi Spech Contest, New Presenter, Teaching, Nomber One, Singing Contest, Reading Poerty dan Story Telling.


Wakil Bupati Natuna, Rodial Huda mengaku gembira dengan pelaksananaan festival tersebut.


Ia menegaskan hal ini penting sebagai salah satu langkah meningkatkan kualitas dan daya saing generasi muda.


"Bahasa Inggris ini merupakan kebutuhan dasar. Sehari-hari kita perlu bahasa inggris karena teknologi kebanyakannya menggunakan bahasa Inggris," katanya.


Bahkan menurutnya, generasi sekarang tidak cukup hanya meguasai bahasa Inggris saja melain juga bahasa Arab, bahasa Jepang dam bahasa Cina penting untuk dipelajari.


Bahasa Cina diperlukan karena perdagangan dunia didominasi oleh pebisnis Cina, Jepang selaku pengusa teknologi menggunakan bahasa Jepang semua dan bahasa Arab perlu dikuasai karena perputaran uang banyak bersumber dari Semenanjung Arab.


"Maka ke depan kami berharap bukan hanya festival bahas Inggris yang kita gelar, tapi juga empat bahasa ini kita coba laksanakan," pungkasnya.(rus)




Editor: Rozi