EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Wakil Ketua I DPRD Natuna Harap MTQ Tak Hanya Kompetisi Tapi Memperkuat Pondasi Iman dan Taqwa

Daeng Ganda, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Natuna mengikuti pembukaan MTQ XI yang dibuka Wagub Marlin. Foto/Rusdi

NATUNA -  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Natuna atas terselenggaranya acara Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ)  XI tingkat Kabupaten.


Apresiasi ini disampaikan oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah dan Wakil Ketua II Jarmin Sidik di Halaman Masjid Agung Natuna pada Minggu malam (21/4/2024).


Kegiatan MTQ akan berlangsung dari tanggal 21 april pembukaan sampai pada tanggal 26 April 2024 penutupan.


Pada kesempatan tersebut Wakil Ketua I DPRD Natuna, Daeng Ganda menyebutkan kegiatan MTQ menjadi momen penting dalam memperkokoh semangat keagamaan dan kebangkitan rohani di tengah masyarakat Kabupaten Natuna.


Politisi termuda dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini menyebutkan bahwa kegiatan MTQ tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi.


Acara ini juga menjadi kesempatan bagi generasi muda untuk menunjukkan bakat dan keterampilan mereka dalam bidang keagamaan. 


"Inti utama dari kegiatan ini adalah memberikan wadah bagi generasi muda untuk menunjukkan bakat mereka serta sebagai wadah menyeleksi bakat-bakat muda untuk berkancah di tingkat provinsi dan nasional," sebut Ganda.


Sebagai wakil rakyat yang peduli terhadap perkembangan keagamaan di Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah berkomitmen untuk terus mendukung dan mempromosikan kegiatan-kegiatan seperti MTQ ini demi memperkuat pondasi keimanan dan ketakwaan masyarakat Kabupaten Natuna.


Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat ikut mendukung dan mempromosikan kegiatan-kegiatan keagamaan ini untuk Natuna lebih kental dengan nilai-nilai religius.


"Dengan adanya kegiatan ini, kiranya kita dapat membumikan Al-Qur’an dan mendapatkan berkah dunia dan akhirat dari Allah SWT," tambahnya.


Diakhir penyampaiannya, Ganda juga berharap bahwa kegiatan MTQ ini dapat menjadi ladang untuk mencari bibit-bibit baru dan generasi penghafal Al-Qur’an yang akan menjadi penerus dalam memelihara dan menghafal kitab suci umat Islam. Ia menekankan pentingnya menjadikan MTQ sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, bukan hanya sebagai acara rutin belaka.


"Semoga semangat dan kebersamaan dalam MTQ ini dapat terus membara dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Natuna, serta menjadi bagian dari upaya dalam memperkuat kehidupan bermasyarakat yang penuh dengan nilai-nilai keagamaan dan kebaikan," tutupnya.


Sementara Wakil Ketua II DPRD Natuna, Jarmin Sidik juga menyampaikan hal yang serupa, menurut politisi dari Partai Gerindra ini, MTQ akan mampu melahirkan qari’ dan qari’ah yang andal serta mampu berprestasi di tingkat yang lebih tinggi.



"Kita berharap mereka yang berhasil menjadi juara mampu berkompetisi dan memberikan harapan di ajang yang lebih tinggi bahkan sampai di tingkat nasional," imbuh Jarmin.


Lebih lanjut, Jarmin menekankan pentingnya peran MTQ dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan di masyarakat Natuna. Dengan adanya lomba ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk mempelajari Al-Qur’an dan meningkatkan kecintaan mereka terhadap kitab suci umat Islam.


"Saya berharap MTQ ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, tetapi juga menjadi sarana untuk memperkokoh keimanan dan kecintaan kita terhadap Al-Qur’an. Semoga generasi muda Natuna semakin mencintai dan memahami isi Al-Qur’an serta mampu mengaplikasikan nilainya dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya.


Dengan demikian, pelaksanaan MTQ ke-XI tingkat Kabupaten Natuna tidak hanya menjadi momen untuk berkompetisi, tetapi juga sebagai upaya untuk memperkuat keimanan dan kecintaan terhadap Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat Natuna.


Menurutnya, dengan semakin meningkatnya kualitas MTQ baik dari sisi pelaksanaan dan terutama penilaian, maka diharapkan akan menghasilkan peserta-peserta terbaik dari setiap cabang yang diperlombakan. Dengan demikian, peserta yang dikirim ke MTQ tingkat seterusnya, akan semakin berpeluang meraih prestasi.


“Terlebih seluruh peserta adalah anak-anak Natuna. Tentu ini suatu kebanggaan bila anak-anak kita semakin banyak yang mampu berprestasi di tingkat lebih tinggi. Memang saat ini prestasi anak-anak kita di bidang MTQ sangat membanggakan hingga level nasional, namun kita harapkan prestasi tersebut semakin meningkat dan bertambah jumlahnya,” harap Jarmin. 



Kegiatan akan dilaksanakan di 6 lokasi, yakni di Masjid Agung Natuna, Masjid Ibnu Salim Ranai Darat, Masjid Mulana Bandarsyah, Asrama Haji Komplek Masjid Agung, Museum Natuna dan MAN 1 Natuna.(rus)





Editor: Rozi