BATAM

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

XL Optimis 4.5G Bisa Digunakan di Asians Games 2018

 

 

BATAM - PT XL Axiata Tbk terus memaksimalkan teknologi jaringan untuk meningkatkan kualitas layanan internet cepat. Sambil terus memperluas jangkauan serta memastikan kualitas layanan 4G, XL kini mulai mempersiapkan layanan 4.5G.

 

"Secara umum, layanan ini memiliki keunggulan pada sisi kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang lebih baik," ujar Vice President LTE XL, Rahmadi Mulyohartono, Rabu (31/8/2016).

 

Menurut Rahmadi, saat ini pihaknya telah menerapkan teknologi 4T4R, yang sebenarnya merupakan teknologi versi advance dari 4G.

 

"Bisa dianalogikan sebagai jalan tol-nya jaringan 4G. Target kami, pada 2017 nanti 4.5G sudah siap untuk dinikmati pelanggan,” tuturnya.

 

Sesuai dengan harapan pemerintah untuk bisa mengimplementasikan layanan 4.5G saat digelarnya event Asian Games 2018 di Jakarta.

 

Secara teknis, cara kerja teknologi 4T4R menggunakan kombinasi multi-signal, yaitu secara bersamaan mengkombinasikan 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Dengan demikian, teknologi ini memungkinkan pengiriman data berkapasitas besar dengan kecepatan hingga 210 Mbps dengan bandwidth 15 MHz.

 

Dengan penerapan teknologi ini, XL sudah siap melangkah lebih maju ke implementasi 4.5G, menyusul telah ditingkatkannya kapasitas frekuensi untuk layanan 4G menjadi 15MHz, yang tak lama lagi juga akan ditingkatkan lagi menjadi 20MHz.

 

Teknologi 4T4R saat ini sudah diterapkan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar, dan akan terus dikembangkan ke kota-kota lainnya. (thr)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *