EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Bintang AC Milan Jadi Walikota Georgia

 

GEORGIA - Kakha Kaladze (39) terpilih sebagai Wali Kota Ibu Kota Georgia, Tbilisi. Politisi muda itu meraih 51,1 persen suara dalam pemilihan yang digelar Sabtu (21/10/2017) waktu setempat.

 

Exit Poll menunjukkan kandidat dari Partai Impian Georgia, yang sekarang sedang berkuasa, meraih persentase yang memastikan Mantan bintang AC Milan itu menjadi wali kota.

 

“Komisi Pemilu Pusat memastikan bahwa dia telah meraih 51,1 persen suara sehingga tidak perlu ada putaran kedua,” tulis Football Italia.

 

Kandidat lainnya yakni Zaal Udumashvili hanya mendapat 17,5 persen, diikuti oleh Aleko Elisashvili dengan 16,5 persen.
Kaladze menjadi mantan penggawa Milan kedua yang memasuki karier di bidang politik setelah George Weah yang mencalonkan diri sebagai presiden Liberia.

 

Dilansir dari BBC Kaladze, yang memenangkan Liga Champions dua kali dalam masa sembilan tahun dengan Milan, pensiun dari sepakbola pada 2012 untuk mengabdikan dirinya pada politik.

 

Mantan kapten Georgia itu berkampanye bersama konglomerat kongregasi Bidzina Ivanishvili untuk menantang presiden Mikheil Saakashvili.

 

Kaladze, yang mencatat 83 caps untuk negaranya, menjadi menteri energi pada Oktober tahun itu, setelah koalisi Ivanishvili memenangkan pemilihan parlemen yang mengejutkan atas partai Saakashvili.

 

Dia mengundurkan diri dari posisi itu pada Juli lalu sehingga dia bisa mencalonkan diri di Tbilisi, yang berpenduduk 1,2 juta orang. 

 

(man/bbc)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *