EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Habib Rizieq dan Ustadz Somad : Umat Islam Perekat NKRI

MEKKAH - Di sela-sela umrahnya, Ustadz Abdul Somad melakukan kunjungan silaturahmi penuh haru ke kediaman Imam Besar Umat Islam Indonesia, Habib Muhammad Rizieq Shihab di Mekkah, Arab Saudi, Sabtu (30/12/2017).

 

Ustadz Somad menjelaskan bahwa sedikitnya tiga motivasi utama bertemu Habib Rizieq: pertama, menimba ilmu kepada Rizieq sebagai ulama; kedua, bersilaturahmi dengan seorang habib atau ulama keturunan Nabi Muhammad; dan ketiga, bertabayun tentang tuduhan-tuduhan negatif kepada Habib Rizieq.

 

Motivasi pertama, kata Ustadz Somad, didasarkan pada sejarah tradisi ulama-ulama besar Nusantara di masa lampau yang pergi ke Tanah Suci tak hanya berumrah atau berhaji, melainkan juga menuntut ilmu.

 

Dia menyebut sejumlah ulama besar Tanah Air, di antaranya Syekh Abdul Somad Al Palembani, Syekh Nurudin Arraniri, Syekh Yusuf Al Makassari, Syekh Abdul Qodir Al Mandili (Mandailing Natal), sampai yang termasyhur Syekh Nawawi Al Jawi Al Bantani. Berikutnya datang sebagai murid Syekh Nawawi, di antaranya, Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari (pendiri Nahdlatul Ulama), Syekh Sulaiman Ar Rasuli (Inyiak Canduang), dan Syekh Hasan Maksum.

 

"Jangan jemaah itu datang ke Mekkah hanya umrah/haji, tetapi menuntut ilmu, dan bersilaturahmi dengan ulama. Dan di antara ulama, al mujahid, Habib Rizieq Shihab. Maka kita pun untuk menimba ilmu beliau, ilmu kitabnya," kata Ustadz Somad.

 

Alasan kedua ialah mengikuti pesan yang disampaikan Abu Bakar As Shiddiq, sahabat Nabi Muhammad, tentang kemuliaan bersilaturahmi dengan kerabat Rasulullah. Somad mengutip Abu Bakar yang menyatakan, "menyambung silaturahmi dengan kerabat Rasulullah lebih baik daripada menyambung silaturahmi dengan kerabatku sendiri."

 

Dalam kesempatan pertemuan yang berlangsung selama dua jam itu, Ustadz Somad menjelaskan silsilah Habib Rizieq yang pada ujungnya sampai pada Nabi Muhammad. Maka, katanya, sebagai wujud mengikuti amanat Abu Bakar, dia pun bersilaturahmi dengan Habib Rizieq Shihab.

 

Motivasi terakhir adalah Ustadz Somad ingin mengklarifikasi tentang tuduhan-tuduhan kepada Rizieq Shihab yang di antaranya dianggap sebagai anti-Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

"Ternyata apa yang ana ambil dari pesan beliau (Habib Rizieq Shihab, red) jaga NKRI, sampai mati. Itu kesimpulan beliau; jaga NKRI sampai mati."

 

Ustadz Somad berkesimpulan tentang pertemuan itu dan jawaban Habib Rizieq, umat Islam di Indonesia adalah perekat NKRI. Maka umat Islam jangan sampai terpecah-belah demi keutuhan bangsa, jangan sampai menjadi Balkan.

 

"Bagaimana Balkan bisa pecah, karena tidak ada umat Islam perekatnya. NKRI direkatkan oleh umat Islam, maka rahmatan lil alamin," tutup Ustadz muda perekat Umat Islam Indonesia ini. (man/viva)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *