KEPRI

NASIONAL

POLITIK

OLAHRAGA

Arus Mudik Nataru, Ribuan Penumpang Asal Batam Berangkat dengan KM Kelud Tujuan Sumatera Utara

Ribuan calon penumpang KM Kelud di Pelabuhan Batuampar Batam menunggu giliran masuk ke dalam kapal pada mudik Nataru 2023, Jumat (23/12/2022). Foto : Rozi/Kepriupdate


BATAM - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023, ribuan warga Kota Batam mudik ke Belawan, Medan, Sumatera Utara menggunakan KM Kelud.


Direktur Utama PT Pelni, Tri Andayani yang langsung meninjau kelancaran keberangkatan mudik Nataru itu mengatakan, angkutan transportasi laut di Batam termasuk yang terpadat di Indonesia. Terutama selama periode peak season libur Natal dan Tahun Baru.


"Batam termasuk daerah dengan pelabuhan terpadat pada masa libur Natal dan Tahun Baru, begitu juga dengan pelabuhan di Medan, Makassar, Ambon, dan Jayapura," ujar Tri.


Tri menerangkan dalam arus mudik Nataru saat ini ada sebanyak 3.572 orang meninggalkan Kota Batam. Normalnya, kapasitas KM Kelud sebanyak 2.607 seat.


"Kami bersyukur Kementerian Perhubungan memberikan dispensasi antara 30 sampai 35 persen dari kapasitas seat normal," ungkapnya.


Tri menambahkan bahwa animo masyarakat Batam untuk mudik ke kampung halaman sangat besar selama libur Natal dan Tahun Baru kali ini. Hal tersebut disebabkan sudah dua tahun mereka tidak mudik lantaran pandemi Covid-19.


Guna mengantisipasi lonjakan pihaknya melakukan sejumlah langkah strategis untuk memastikan kelancaran. Mulai dari pemeriksaan ramp check, memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM), hingga penyesuaian rute dan jadwal kapal.


"Kami berusaha untuk memaksimalkan pelayaran agar penumpang dapat melakukan perjalanan laut dengan nyaman dan aman serta tiba dengan selamat di rumah," katanya.


Meski jumlahnya melebihi dari biasanya, namun lonjakan arus penumpang tersebut lanjut Tri, masih dalam batas normal. 


"Memang penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Batuampar Batam tujuan Belawan cukup banyak namun masih wajar," pungkasnya.(fah)




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *