KEPRI

NASIONAL

POLITIK

OLAHRAGA

Jelang Liburan Natal dan Tahun Baru 2023, Warga Batam Ramai Bikin Paspor

Lonjakan pembuat paspor terjadi di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Rabu (21/12/2022). Foto : Rozi/kepriupdate


BATAM - Jelang Natal dan Tahun Baru, jumlah pengurus paspor di kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam makin membludak. Untuk mengantisipasi lonjakan pihak Imigrasi menghadirkan layanan piket pelayanan di jam istirahat (Pelajar) dimana telah dimulai sejak tanggal 14 Desember 2022.

“Pelayanan Pelajar ini diberikan kepada masyarakat yang telah memiliki nomor antrian paspor, sehingga pemohon tidak perlu menunggu terlalu lama di Kantor Imigrasi Batam,” ujar Kepala Seksi Dokumen Perjalanan Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Doni Purwoko Hadi Sandra Dewa, Rabu (21/12/2022).

Doni menyebut sebagai bentuk persiapan peningkatan jumlah penumpang menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian juga melakukan peningkatan pengawasan Keimigrasian dan pengamanan internal di tempat pemeriksaan Imigrasi di Wilayah Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam.

Pelaksanaan peningkatan pengawasan Keimigrasian dan Pengamanan Internal diikuti oleh seluruh anggota Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian yang dikoordinir oleh Kepala Seksi Penindakan Keimigrasian dan Kepala Seksi Intelijen Keimigrasian dengan menjadwalkan piket petugas sebanyak 4 orang/hari yang akan dimulai sejak tanggal 23 s.d 26 Desember 2022 dan 30 Desember 2022 s.d. 02 Januari 2023. Karena ditanggal tersebut diperkirakan terjadi peningkatan jumlah penumpang. Titik Peningkatan Pengawasan Keimigrasian dan Pengamanan Internal/Lokus kegiatan yaitu Tempat Pemeriksaan Imigrasi Pelabuhan Laut Batam Centre, Citra Tri Tunas (Harbour Bay), Sekupang dan Nongsa.

Di Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi terdapat penambahan petugas yakni di TPI Sekupang terdapat penambahan 5 (orang di antaranya 4 orang petugas pemeriksaan dan 1 orang petugas perbantuan yang memiliki tugas yang sama sebagai petugas pemeriksaan dalam rangka nataru. Sementara di TPI Batam Center terdapat 4 orang petugas perbantuan yang ditugas untuk membantu proses clearance penumpang serta 1 petugas perbantuan ditempatkan di TPI Citra Tritunas (Harbourbay).

Sementara itu Kepala Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Keimigrasian (TIKKIM), Tessa Harumdilla mengatakan Imigrasi Batam sendiri telah melakukan beberapa langkah strategis dalam menghadapi masa Libur Natal Dan Tahun Baru 2023. Mulai dari meningkatkan kuota permohonan paspor menjadi 250 permohonan per hari mulai 19 Desember, melakukan pengawasan terhadap jaringan sistem pelayanan, serta menghadirkan inovasi Pelajar.

"Tidak hanya itu, mengingat dan belajar dari momen Nataru tahun sebelum terjadinya Covid-19, Kantor Imigrasi Batam juga menambahkan lagi petugas piket di tanggal-tanggal merah, di mana saat itu diperkirakan terjadinya lonjakan penumpang mulai dari ruang counter pemeriksaan imigrasi hingga ke ponton dermaga pelabuhan. Diperkirakan tanggal 24 dan 25 desember 2022 serta 31 Desember 2022 dan 01 Januari 2023, Kantor Imigrasi Batam telah mempersiapkan total tambahan 40 orang petugas perbantuan yang dibagi ke dalam 4 tanggal tersebut, sehingga ada penambahan 10 orang petugas di masing-masing tanggal," pungkas Doni.(fah)



Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *