KEPRI

NASIONAL

POLITIK

OLAHRAGA

Pencuri Sikat Panel Lampu PJU, Jalan di Depan Temenggung Abdul Jamal Gelap Gulita

Panel lampu PJU di depan stadion Temenggung Abdul Jamal dicuri. Foto/Kepriupdate


BATAM - Pasca malam tahun baru 2023, jalan di depan Stadion Temenggung Abdul Jamal hingga Kepri Mall gelap gulita. Hal tersebut membuat masyarakat cemas ketika melintas di jalan tersebut.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Batam, Yumasnur saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa hal tersebut akibat aksi pencurian terhadap penerangan jalan umum (PJU).

"Anggota sudah cek ke lokasi, dan benar panel lampu PJU di wilayah itu hilang diambil orang tak bertanggungjawab," ujar Yumasnur, Sabtu (7/1/2023).

Akibatnya, sebanyak 15 titik lampu PJU yang terhubung dengan panel yang dicuri di deretan tersebut padam dan menyebabkan jalan raya di sana gelap gulita. Aksi pencurian diketahui saat petugas sedang patroli rutin.

Panel lampu PJU yang dicuri tersebut, menurut Yumasnur merupakan alat utama untuk penerangan jalan yang harganya tidaklah murah.

"Selama tahun 2022 sudah banyak aset lampu PJU yang hilang dicuri orang, terutama lampu PJU yang berdiri di tempat-tempat sepi. Hal tersebut sudah dilaporkannya ke kepolisian," pungkas pria tegap ini.

Aksi penjarahan panel lampu PJU tersebut menambah deretan panjang pencurian terhadap aset negara. Sebelumnya kebel lampu penerangan pedestrian milik BP Batam juga digondol pencuri.

Kuat dugaan hal tersebut imbas pengangguran yang tinggi dari sektor usaha tempat hiburan permainan game elektronik. Ada sekitar ribuan pekerja yang menggantungkan hidupnya di sektor tersebut, namun kini tutup tanpa ada kepastian kapan akan buka kembali.(fah)




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *