EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

BI Kepri Siapkan Penukaran Uang Lebaran Rp1,9 Triliun, Begini Cara Mudah Mendapatkannya

BI Kepri lepas mobil penukaran uang lebaran 2023. Foto : fah/kepriupdate


BATAM - Kabar gembira bagi warga Batam dan masyarakat Kepulauan Riau lainnya, menyusul mereka sudah bisa menukarkan uang tunai melalui layanan kas keliling Bank Indonesia Perwakilan Kepri mulai, 27 Maret 2023.

Kantor Wilayah Bank Indonesia perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) meluncurkan Program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) tahun 2023. Peluncuran kas keliling berlangsung di Kantor BI Kepri, Batam Center, Senin 27 Maret 2023. Program tersebut bertujuan untuk memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar selama Ramadan dan Idul Fitri 2023.

Kepala BI Perwakilan Kepri, Suryono menjelaskan BI Kepri telah menyiapkan pemenuhan kebutuhan uang tunai senilai Rp1,9 triliun. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya Rp1,7 triliun. 

"Hal ini sejalan dengan kebutuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat selama perayaan Ramadan dan Idul Fitri. Kalau tahun lalu ada COVID-19 sekarang pertumbuhan sudah mulai pulih, sehingga harus didukung kegiatan peredaran uang rupiah yang cukup,” ujar Suryono, Senin (27/3/2023).

Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan penukaran uang, BI Kepri menyediakan 155 titik penukaran yang tersebar di wilayah Kepulauan Riau dan juga layanan kas keliling di tempat strategis seperti pusat keramaian, pasar tradisional, dan instansi pemerintah. Masyarakat juga dapat menukarkan uang di bank terdekat.

Namun, sebelum melakukan penukaran uang, masyarakat wajib mengisi formulir di https://pintar.bi.go.id untuk memastikan ketersediaan uang di layanan kas keliling. Setiap orang dibatasi untuk menukarkan uang hingga Rp3,8 juta dengan nominal pecahan yang berbeda.

Selain itu, BI Kepri juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memahami rupiah dengan baik, termasuk tentang keaslian rupiah sekaligus meningkatkan kepedulian untuk bangga menggunakan rupiah. 

"Karena rupiah adalah simbol kedaulatan negara,” pungkasnya.(fah)






Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *