EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Jelang Arus Mudik, Calo Tiket dan Antrean Masuk Kapal Gentayangan di Pelabuhan ASDP Telagapunggur

Suasana pelabuhan ASDP Telagapunggur Batam dipenuhi antrean kendaraan yang akan menyeberang ke berbagai wilayah ke Pulau Sumatera. Foto: Fahrur/Kepriupdate


BATAM - Jelang lebaran Idul Fitri biasanya menjadi musim panen oknum ASDP Telagapunggur. Pasalnya banyak dimanfaatkan oleh oknum untuk mengangkut kendaraan pemudik tanpa harus susah-susah antre.

Biasanya permainan oknum-oknum yang ada di pelabuhan roro Telagapunggur Batam dalam beraksi raup keuntungan dari calon pemudik ialah dengan empat cara. Pertama dengan menjadi calo tiket, kedua dengan permainan nomor antrean, ketiga jalur VIP, dan terakhir memaksa over kapasitas muatan kapal.

Hal itu membuat masyarakat lain dirugikan atas tindakan tersebut. Sebab merasa dipermainkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Berkaca dari arus mudik lebaran yang sudah-sudah, di Pelabuhan Roro Punggur, kendaraan roda empat bisa naik kapal tanpa antre karena lewat jalur VIP.

Jalur VIP yang dimainkan oknum ini membuat muatan kapal menjadi over kapasitas. Kondisi itu bisa menyebabkan hal-hal yang tidak dinginkan saat perjalanan, seperti karam dan bahkan mati mesin lantaran kelebihan muatan. 

Celakanya lagi, kendaraan yang masuk roro jalur VIP sering menyalakan mesinnya. Mobil dalam keadaan mesin hidup selama perjalanan di atas kapal, bisa menyebabkan mobil terbakar karena kepanasan mesin.

General Manager PT ASDP Persero Telagapunggur Batam, Marsadik dengan tegas akan menindak oknum ASDP yang melakukan permainan kotor tersebut.

"Kami akan menindak tegas anggota yakni sanksi pemecatan jika terbukti bersalah," katanya, Jumat (31/3/2023).

Guna mencegah maraknya percaloan tiket dan permainan antrean masuk kapal, pihaknya akan mengandeng dan berkoordinasi dengan TNI/POLRI. Hal itu untuk memberi rasa nyaman calon pemudik yang telah tertib mengantre. (fah)






Editor : Teguh