EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Asisten I Pemkab Natuna Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Daya Saing Wirausaha Muda Pemula

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Natuna, Khaidir memberi kata sambutan. Foto/Rusdi


NATUNA - Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Daya Saing Wirausaha Muda Pemula.


Kegiatan dengan tema Siap Menjadi Wirausaha Muda Kreatif, Inovatif dan Mandiri berlangsung di Hotel Tren Central, Jalan Pramuka, Kecamatan Bunguran Timur pada Rabu (18/10/2023).


Kegiatan dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Khaidir dan di hadiri oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ahmad Sopyan,  dan Kadisnaker, Husyaini.


Pelatihan tersebut bertujuan untuk mewujudkan Pemuda Natuna yang berdaya saing melalui pengembangan kepemimpinan, pengembangan kewirausahaan dan pengembangan kepeloporan Pemuda.


Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Natuna, Khaidir ketika membuka acara menyampaikan, keterlibatan masyarakat seperti wirausaha muda memiliki peran penting dalam membangun bangsa, khususnya Kabupaten Natuna. Oleh karena itu, peran serta dalam pengembangan kewirausahaan pemuda sangat diperlukan.


"Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia saat ini adalah kurangnya jumlah wirausahawan , apalagi wirausaha muda pemula yang memiliki produktivitas tinggi dan berdaya saing," ungkap Khaidir.


Lanjut Khaidir, untuk itu upaya meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia harus dimulai dari mengembangkan kewirausahaan dari kalangan pemuda. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan persentase jumlah wirausaha di Indonesia yang saat ini baru mencapai 1,56% (Satu Koma Lima Puluh Enam Persen). 


"Menurut David Mc.Cleland suatu negara baru akan menjadi makmur apabila memiliki Entrepreneur (Pengusaha) Sedikitnya 2 % (Dua Persen) dari jumlah penduduk," imbuhnya.


Oleh karena itu, tambah Khaidir sebagai bentuk upaya untuk menciptakan wirausahawan baru terutama dikalangan pemuda maka pemerintah kabupaten menyelenggarakan berbagai program guna menumbuhkan kesadaran dan minat dikalangan pemuda, antara lain melalui penyelenggaraan pelatihan peningkatan daya saing wirausaha muda pemula ini.


Para peserta pelatihan foto bersama sebelum kegiatan dimulai. Foto/Rusdi


Hal ini juga sesuai dengan visi misi Bupati Natuna yakni terwujudnya Kabupaten Natuna sebagai kabupaten maritim yang unggul, eksotis, aman, dengan kemandirian ekonomi berlandaskan nilai religius dan kultural dan strategi pembangunan Kabupaten Natuna yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi berbasis potensi lokal.


"Maka pelatihan ini merupakan wujud konkrit peran serta pihak swasta/masyarakat dalam mendukung progam pemerintah daerah dalam pembangunan sumber daya manusia sektor ekonomi khususnya wirausaha muda pemula," tutupnya.


Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan, Suhardi dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM wirausaha muda pemula serta meningkatkan perencanaan bisnis dan administrasi keuangan wirausaha muda pemula.


"Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 (Dua) hari, dimulai dari hari Rabu Tanggal 18 Oktober S/D 19 Oktober 2023 bertempat di Hotel Tren Central - Ranai," sebutnya.


Selain itu, Suhardi juga menambahkan, adapun jumlah peserta kegiatan pelatihan ini berjumlah 25 Orang, yang terdiri dari 10 unsur pemuda KNPI dan 15 dari wirausaha muda yang berasal dari Kecamatan terdekat.

Para tamu undangan terlihat khusyu mengikuti acara. Foto/Rusdi


Untuk Narasumber/Pemateri  pelatihan wirausaha muda berasal dari BRI unit Ranai, Dinas PMPTSP dan Pembina Wirausaha Muda Pemula.


"Terimakasih atas seluruh dukungannya, mohon maaf jika ada kekurangan dalam pelaksanaan acara, semoga acara kita berjalan dengan lancar," tutup Suhardi.(rus)




Editor : Teguh