EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Natuna Bakal Terima Fasilitas dari Perpusnas

Pimpinan dan pegawai perpustakaan Natuna bersiap menyambut kedatangan tim Perpustakaan Nasional. Foto/Rusdi


NATUNA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna akan mendapatkan bantuan buku dan fasilitas perpustakaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas).


Bantuan merupakan usulan dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna dan disetujui oleh Perpustakaan Nasional dalam Tahun Anggaran 2024.


Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna, Erson Gempa Afriandi menyampaikan bantuan ini merupakan upaya peningkatan Literasi di Kabupaten Natuna Tahun 2024, dimana tahun 2023 lalu Natuna telah berhasil menjadi peringkat pertama di Provinsi Kepri untuk tingkat Literasi dengan nilai 82,45 (tinggi).


"Alhamdulillah seluruh usulan kita di setujui oleh Perpusnas," terang Erson pada Senin (03/06/2024).


Erson menerangkan, adapun progam usulan yang diusulkan oleh Disperpussip Kabupaten Natuna kepada Perpusnas meliputi, program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) untuk Pemerintah Desa, Program Taman Baca Masyarakat (TBM) dan program Untuk Pemerintah Desa di Luar Program TPBIS.


"Alhamdulillah intuk TPBIS tahun ini ada 5 desa yang diterima untuk TBM ada 19 dan untuk program diluar TPBIS ada 13 Desa. Total penerima bantuan ada 37," jelas Erson.


Sedangkan untuk bantuan fasilitas yang disetujui oleh Perpusnas antara lain yakni bantuan buku bermutu sejumlah 1150 Eks plus rak buku, tiga unit Personal Computers (PC), Printer, TV Android, Server dan Perangkat Internet Lainnya.


"Pagi ini rencananya kami dari Disperpussip akan melepas keberangkatan seluruh penerima bantuan menuju Tanjung Pinang untuk mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan maupun TBM dari Perpustakaan Nasional di Hotel Aston Tanjung Pinang dan seluruh biaya ditanggung oleh Perpusnas melalui APBN," tutupnya.(rus)





Editor: Rozi