EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

KMP Sapu Bersih Kursi Pimpinan DPR RI

Setya Novanto Jadi Ketua

JAKARTA - Koalisi Merah Putih (KMP) benar-benar menuntaskan balas dendamnya dengan menyapu bersih kursi pimpinan DPR RI periode 2014-2019. Setelah sebelumnya menggolkan UU MD3 dan Pilkada kini mereka unggul lagi dalam perebutan pimpinan parlemen.

Setya Novanto terpilih sebagai ketua dalam sidang paripurna, Kamis (2/10/2014) dinihari. Meski sidang diwarnai hujan interupsi serta kericuhan terutama dari kubu Jokowi, yang menuding pimpinan DPR sementara tak demokratis. Namun rapat dengan agenda pemilihan paket pimpinan DPR terus berlanjut hingga pukul 04.00 WIB.

Setya Novanto Bendahara Umum Partai Golkar didaulat menjadi ketua DPR. Selain dia DPR juga sepakat memilih empat wakil ketua yakni Fadli Zon (Gerindra), Agus Hermanto (Demokrat), Fahri Hamzah (PKS) dan Taufik Kurniawan (PAN).

Dengan kemenangan kubu Prabowo Subianto dan Abu Rizal Bakri ini, maka laju presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) yang diusung koalisi Indonesia Hebat (PDI-P, PKB, Hanura dan Nasdem) diprediksi akan sulit, menyusul kuatnya tekanan di parlemen. (taher)