EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Alhamdulillah, Plt Walikota Batam Akhirnya Serahkan Insentif Guru

[caption id="attachment_4215" align="alignright" width="290"]Plt Walikota Batam Rudi didampingi Kadisdik Muslim bin Bidin. foto: kepriupdate Plt Walikota Batam Rudi didampingi Kadisdik Muslim bin Bidin. foto: kepriupdate[/caption]

BATAM - Sebanyak 5.585 guru swasta dan guru honor sekolah negeri menerima insentif dari Pemerintah Kota Batam. Penyerahan insentif secara simbolis diserahkan oleh Plt Walikota Batam, Rudi, di Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal, Minggu (15/2).

 

Rudi mengatakan insentif yang diberikan terbagi menjadi dua kategori. Yakni untuk guru yang sudah mengajar lebih dari dua tahun menerima Rp 1 juta per bulan. Sementara guru yang baru mengajar atau baru masuk dalam daftar penerima insentif, mendapatkan Rp 650 ribu per bulan.

 

"Semua guru swasta dan honorer sekolah negeri dapat insentif ini. Meski baru mengajar sekalipun. Selama sudah diajukan pihak sekolah. Jadi jika ada yang belum mendapatkan, berarti tidak masuk dalam daftar yang diajukan sekolah," kata Rudi.

 

Ia mengatakan, dengan adanya insentif ini diharapkan sekolah swasta bisa mengurangi SPP yang dipungut dari siswa.

 

"Dulu alasannya SPP mahal karena untuk bayar guru. Sekarang sekolah swasta seharusnya bisa beri SPP yang tidak tinggi ke anak didik. Karena guru sudah kita bantu," tutur Rudi.

 

Menurutnya, untuk insentif ini diberikan kepada sekolah-sekolah swasta dan negeri di pulau utama (mainland). Sedangkan untuk di pulau penyangga (hinterland) pemerintah memberi insentif bagi guru agama sebanyak 165 orang. Besaran insentif yang diberikan tahun 2015 ini adalah Rp 1,25 juta. Naik dari insetif sebelumnya sebesar Rp 1 juta per bulan.

 

"Untuk mewujudkan Batam menjadi lokomotif ekonomi nasional, perlu pondasi berupa sumber daya manusia berkualitas. Target saya 20 tahun ke depan generasi penerus kita sudah siap. Di sinilah pentingnya peran guru, ulama, pendeta. Karena itulah kami memberikan apresiasi berupa insentif ini," kata Rudi.

 

Acara penyerahan insentif ini dibalut dalam kegiatan silaturahmi yang menghadirkan penyanyi dangdut Septi KDI. (red/mediacenter)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *