EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Kapal Tim Survei KKP dan Peneliti Asing Tenggelam di Bintan

[caption id="attachment_4785" align="alignleft" width="290"]Korban kapal tenggelam langsung diangkut TNI AL Batam. foto: koko/amok Korban kapal tenggelam langsung diangkut TNI AL Batam. foto: koko/amok[/caption]

BINTAN - Kapal kayu Nurah yang membawa tim survei dari Kementerian KKP dan peneliti asing tenggelam di perairan Tanjungtondang, Bintan, Minggu (15/3/2015).  Nurjanah pemilik kapal yang menerima informasi itu dari ABK langsung melaporkan ke TNI AL di Batam.

 

Dapat informasi itu, KRI Kapitan Pattimura dengan lambung 371, Minggu (15/3/2015 ) sekitar pukul 03.15 cepat merapat di lokasi kejadian dan langsung menyelamatkan para penumpang.

 

 

Jumlah korban sebanyak 20 orang dalam keadaan selamat, terdiri atas 8 ABK kapal dan 12 orang penumpang. Sedangkan Kapal Nurah sendiri sudah tenggelam. Para korban berkewarganegaraan asing  di antaranya Mark Van Nydeck Erdmann asal Amerika, Gerald Robert Allen asal Australia, Luna De Vantier asal Australia dan Emre Turak asal Australia.  

 

Komandan Guskamla Armabar Laksamana Pertama Abdul Rasyid Kacong menceritakan KM Nurah GT 134 berangkat dari pelabuhan Batubesar Batam, Sabtu (14/3/2015) sekitar pukul 17.00 WIB menuju Tarempa Anambas dalam rangka konservasi monitoring karang dan ikan karang.

 

Setelah kapal berlayar sekitar 4 jam pukul 20.00 WIB kapal mengalami kebocoran. ABK kapal berusaha memompa air dari dalam kapal, tapi air makin bertambah di ruang mesin. Dan sekitar pukul 21.10 kapal akhirnya tenggelam.

 

KRI Kapitan Patitimura dengan lambung 371 akhirnya tiba di lokasi dan berhasil mengevakuasi 20 korban dan membawanya ke Batam, Minggu pagi tadi. (red/amok)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *