EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Tanjungpinang Jadi Pusat Wisata Yacht di Kepri

[caption id="attachment_4650" align="alignright" width="290"]Wisata yacht menjadi andalan bagi Australia dalam menggaet turis. Dispar Kepri tak salah memilih Tanjungpinang sebagai lokasi wisata maritim ini. foto: australia Wisata yacht menjadi andalan bagi Australia dalam menggaet turis. Dispar Kepri tak salah memilih Tanjungpinang sebagai lokasi wisata maritim ini. foto: australiacom[/caption]

BATAM - Tahun ini Dispar Kepri akan konsen pada sektor pariwisata maritim yakni wisata kapal layar atau yacht. Hal ini untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

 

“Kemarin kami sudah memutuskan enam lokasi strategis untuk diajukan ke pusat (Kemenpar) sebagai tempat pembangunan dermaga kapal layar Yacht,” papar Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti.

 

Menurut Guntur, Kemenpar tahun 2015 ini ada empat lokasi yang akan ditetapkan sebagai kawasan eko wisata maritim yakni Provinsi Bangka Belitung, Kupang, Saumlaki, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Provinsi Kepri.

 

"Untuk Kepri lokasi pembangunan dermaga Yacht dipusatkan di Kota Tanjungpinang. Di Batam sudah ada swasta yang kelola seperti di Nongsa Point Marina," kata Guntur Sakti, Sabtu (7/3).

 

Ada enam destinasi Yacht yang akan dibangun di kota gurindam 12 ini di antaranya Pelabuhan Internasional Dompak, Kawasan Tanjunggeliga, Senggarang Besar, Senggarang (antara penyengat dengan Senggarang), Sungai Carang, Tanjungsetumu, Dompak, dan Pulau Terkulai.

 

"Penentuan enam lokasi ini juga, sesuai dengan kreteria Kementerian Pariwisata,” bebernya. (red/amok)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *