BATAM

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

KPU Batam Ajak Millenial Nyoblos Lewat Festival Band


BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menggelar festival band bertajuk "Pemilih Berdaulat Negara Kuat" untuk menyasar pemilih pemula di Kota Batam. Kegiatan yang berlangsung di Mal Botania 2 Batam Centre, Sabtu (9/3) ini diikuti 9 peserta, yakni Full Story For Anything, Morning Glory, Bawah Tanah, Silva Band, Unity Project, Never Change, Vallery, New Story Inside, Surface Band.

Dalam festival hasil kerja sama KPU Batam dan Finger Fast ini masing-masing peserta harus membawakan lagu wajib jingle pemilu 2019 dan satu lagu bebas. Pemenang pertama, kedua, dan ketiga mendapatkan tropi, piagam penghargaan, dan uang tunai dengan nilai total Rp10 juta. Terpilih sebagai Juara 1 dalam festival ini adalah Surface Band.

Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan yang menjadi salah seorang juri dalam acara tersebut mengatakan, festival band ini merupakan upaya KPU Batam untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Batam. Mengingat pemilu 17 April 2019 semakin dekat, sehingga sosialisasi ke seluruh elemen masyarakat, terutama pemilih pemula, perlu semakin gencar dilaksanakan.

"Melalui sosialisasi yang masif, kami berharap pada 17 April nanti masyarakat yang sudah terdaftar sebagai pemilih antusias untuk menggunakan hak pilihnya di TPS (tempat pemungutan suara)," katanya.

Festival band, lanjut Zaki, dinilai cukup efektif untuk menyasar pemilih milenial mendapatkan informasi yang utuh dan benar tentang pemilu. Sehingga mereka tidak terjebak informasi hoax serta sadar akan hak politiknya agar dapat digunakan dengan baik untuk memilih calon-calon yang diinginkannya.

"Pemilih milenial ini jumlahnya cukup
besar di Batam. Untuk meyakinkan mereka, perlu sosialisasi yang menarik dan bisa mewadahi kreativitas generasi muda, salah satunya melalui musik," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengakui bahwa musik semakin banyak digemari generasi milenial di Batam. Ini terlihat dengan menjamurnya para pemusik dan kelompok-kelompok musik di berbagai tempat.

Pemko Batam, lanjut Ardi, mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan berbagai pihak yang bisa mendukung dunia kepariwisataan Batam. Salah satunya melalui festival-festival band maupun konser musik.

"Festival-festival band dan konser musik ini masuk kategori atraksi dalam kepariwisataan Batam. Semoga melalui festival-festival ini bisa melahirkan pemusik-pemusik Batam yang mampu berkiprah hingga tingkat internasional," ujarnya saat membuka Festival Band KPU Batam.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *