KEPRI

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Pukulan Telak bagi China, Pemerintah Inggris Mendadak Blokir Proyek 5G Huawei


LONDON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengomentari keputusan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson yang memblokir Huawei dalam proyek infrastruktur 5G. Trump mendukung kebijakan tersebut.

Donald Trump mengatakan ia bertanggung jawab atas keputusan Perdana Menteri Inggris yang melarang Huawei berpartisipasi dalam proyek 5G. Kebijakan ini bisa memicu China melakukan aksi balasan.

"Kami meyakinkan banyak negara, sebagian besar saya melakukan ini sendiri, agar tidak menggunakan Huawei, karena kami pikir ini tidak aman, ini adalah risiko keamanan yang besar," ujar Trump seperti dikutip dari Reuters, Rabu (15/7/2020).

Pada Selasa (14/7/2020), Boris Johnson memerintahkan agar infrastruktur jaringan internet 5G bersih dari perangkat Huawei paling lambat 2027. Padahal awal Januari lalu Inggris masih mengizinkan Huawei menggarap proyek infrastruktur non-inti.

Menteri Digital Inggris Oliver Dowden di hadapan Parlemen mengungkapkan salah satu alasan pemblokiran Huawei adalah sanksi baru AS kepada Huawei. Sanksi baru berupa larang China menggunakan suku cadang chip dari perusahaan AS dengan alasan keamanan nasional.

"Ini bukan kebijakan yang mudah, tetapi ini kebijakan yang tepat bagi jaringan telekomunikasi Inggris, untuk keamanan nasional dan ekonomi kita, untuk sekarang dan masa yang akan datang," ujar Oliver Dowden, seperti dikutip dari Reuters.

Juru Bicara Huawei Inggris Edward Brewster menyebut kebijakan ini sangat mengecewakan dan buruk bagi seluruh warga Inggris yang memiliki ponsel. Ia sebut kebijakan tersebut adalah sebuah kemunduran dalam laju perkembangan digital Inggris.

"Sangat disayangkan masa depan kami di Inggris telah dipolitisasi dan ini bukan tentang isu keamanan, namun semata-mata karena terkait isu kebijakan dagang AS. Selama dua puluh tahun, Huawei selalu fokus untuk membangun negara Inggris yang terhubung lebih baik."

"Sebagai pelaku bisnis yang memiliki tanggung jawab tinggi, kami senantiasa menjunjung tinggi untuk senantiasa memberikan dukungan penuh kepada para pelanggan kami guna mendukung terwujudnya Inggris yang makin terhubung dan lebih baik."

sumber : cnbcindo

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *