KEPRI

NASIONAL

EKONOMI

POLITIK

SPORT

Motivasi Mahasiswa Asal Anambas di Batam, Rudi Ajak Berinovasi Untuk Kemajuan Daerah



BENGKONG - Wali Kota Batam Muhammad Rudi turut hadir pada talkshow dengan tajuk Peran Pemerintah dalam Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas di Hotel Golden View Batam, Selasa (7/12) siang.


Pada kegiatan yang dihadiri para mahasiswa asal Kepulauan Anambas ini, Rudi berkesempatan menyemangati mereka. Menurut Rudi, mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan. Seyogyanya dapat terus mengembangkan diri dan berinovasi baik untuk dirinya sendiri, masyarakat maupun daerah.


"Saya ingin kalian tidak hanya berpikir menjadi pegawai atau PNS, kuncinya adalah kembangkan diri dan terus berinovasi," ajak Rudi.


Menyemangati milenial untuk andil dalam dalam pembangunan bukan hanya kali ini saja. Beberapa waktu lalu, hal serupa juga ia sampaikan pada wisuda pada salah satu kampus di Batam. Rudi ingin, pemuda-pemudi Provinsi Kepulauan Riau dapat memiliki kualitas SDM yang mumpuni.


"Kelak kalian ini adalah pemimpin.Mahasiswa hendaknya punya daya khayal yang tinggi, artinya berinovasi,"ucap Rudi disambut tepuk tangan Mahasiswa Asal Anambas. 


Ia percaya setiap manusia dianugerahi oleh Allah SWT dengan kemampuan masing-masing, termasuk para mahasiswa atau pelajar.


Kepada para mahasiswa ini, Rudi mengajak selain belajar di ruangan juga dapat mengambil pelajaran atas pembangunan yang kini intens dilakukan di Batam. Rudi teringat, sejak dipercaya sebagai Wali Kota Batam 2016 lalu, ia bersama wakilnya Amsakar Achmad melakukan berbagai inovasi. Salah satunya dengan memangkas kegiatan yang dianggap tidak terlalu penting dan dialihkan ke pembangunan infrastruktur.


"Seperti perjalan dinas dan honorarium, yang tidak telalu penting dipotong. Saya harus ambil kebijakan itu. Hasilnya adalah pembangunan infrastruktur," ucap dia. 


Rudi yang juga Kepala BP Batam mengatakan,dirinya dipilih memang untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Sepatutnya, berbagai kebijakan terkait masyarakat terus dilakukan.


"Saya ingin dalam sisa umur saya dan tiga tahun memimpin Batam mempersembahkan yang terbaik untuk semua. Yang saya cerita bukan soal keberhasilan saya. Tapi  tentang bagaimana kalian anak-anak saya, nanti suatu saat menjadi pemimpin harus berani berinovasi," papar dia.


Sama halnya dengan membangun Batam, ia juga memberikan kiat terkait peran milenial Anambas membangun daerahnya. Anambas juga dikenal dengan Pariwisatanya. Milenial juga bisa andil dalam sektor ini. "Orang berwisata kalau hanya dua tiga hari capek saja, perlu waktu lama. Nah supaya berlama-lama, buat mereka nyaman. Ini yang perlu kalian pikirkan dan berinovasilah, pandai baca situasi di lapangan," imbuh Rudi.


Sementara itu Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris juga mengajak para mahasiswa untuk terus mengembangkan diri dengan sebaik mungkin. Menurutnya, seiring waktu tantangan semakin kompleks dan para mahasiswa harsu menyiapkan diri sejak awal sebelum kelak kembali ke masyarakat.


"Kuliah dengan baik, manfaatkan waktu untuk menimba ilmu sebanyak mungkin," ucapnya.


Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas selalu terus berupaya dan berusaha mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) Anambas. Salah satunya dengan memberikan bantuan pendidikan bagi putra-putri anambas yang melanjutkan ke pendidikan tinggi.


"Sumber daya mesti dibina dan tingkatkan, mudah-mudahan ke depan semakin banyak dan keadaan kita semakin baik dan stabil," ujar dia.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *