KEPRI

NASIONAL

POLITIK

OLAHRAGA

Anggota DPRD Kepri Kecam Oknum Guru SMK di Batam Terlibat Perundungan Pelajar

Politisi Hanura, Uba Ingan Sigalingging. (Foto/Kepriupdate)


TANJUNGPINANG - Dugaan bullying atau perundungan terhadap salah satu pelajar oleh oknum guru SMK di Batam mendapat sorotan DPRD Kepri. Anggota Komisi IV yang membidangi pendidikan Uba Ingan Sigalingging menyayangkan tindakan tak terpuji itu.


Uba menilai, sebagai tenaga pengajar, guru seharusnya melakukan tindakan pencegahan.


“Tindakan bullying yang dilakukan pihak sekolah melalui oknum guru sangat ironis,” ungkapnya, Jumat (13/1/2023).


Tenaga pendidik di lingkungan sekolah seharusnya dapat memberikan pemahaman yang baik terhadap siswa, mengenai kekerasan dalam bentuk perundungan atau bullying.


Uba menilai, peristiwa yang menimpa siswi berinisial SI (17), sejak duduk di kelas X hingga kelas XI juga menunjukkan bahwa para tenaga pengajar di sekolah tersebut tidak memiliki pemahaman tentang bullying.


“Untuk hal ini, saya meminta agar pihak Dinas Pendidikan Kepri agar menyikapi dan turun ke sekolah untuk memberikan teguran dan juga melakukan pembinaan terhadap pihak sekolah,” paparnya.


Walau demikian, terkait respons dinas pendidikan Kepri yang menyebut perundungan terhadap SI telah selesai, Uba menyayangkan hal tersebut. Menurutnya belum ada kebijakan yang tegas yang dilakukan Disdik Kepri.


“Apa yang dimaksud berdamai oleh Dinas Pendidikan tersebut harus dilihat dalam konteks per kasus. Perdamaian yang dimaksud ini belum menjawab kebijakan dan tanggung jawab lembaga pendidikan untuk mengatasi persoalan bullying tersebut,” ujarnya. (alf)




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *