KEPRI

NASIONAL

POLITIK

OLAHRAGA

Begini Cara Melindungi Cat Mobil Kesayangan Agar Tetap Kinclong dan Awet

Pengaplikasian wax pada mobil membuat cat lebih mengkilap dan terlindungi dari goresan dan kusam. (Foto/Kepriupdate)


BATAM - Tak hanya cukup mencuci mobil, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kilau cat mobil adalah dengan memberikan wax. Sebenarnya apa itu wax, yuk simak penjelasan berikut.


"Wax merupakan lapisan bening sintetis yang terbuat dari campuran bahan yang dapat melindungi warna dan kilap cat mobil sehingga mobil Anda akan selalu terlihat seperti baru," demikian dikatakan PIC Indomobil Batam, Andy Santana, Kamis (12/1/2023).


Menurut Andy, wax ini sering disamakan dengan polish padahal keduanya adalah hal yang berbeda, meskipun keduanya memiliki fungsi yang hampir sama yaitu melindungi cat mobil. 


"Polish adalah cairan abrasif yang dapat mengikis permukaan cat yang sudah kusam atau baret kembali mengkilap. Sedangkan wax adalah lapisan yang melindungi body mobil dan cocok dilakukan ketika kondisi mobil masih baru, sehingga cat tetap terlindungi dan terhindar dari kusam dan baret," terangnya.


Wax pada mobil memiliki beberapa fungsi, di antaranya mencegah cat memudar akibat terpapar sinar matahari, debu, kotoran dan hujan deras penyebab utama mobil terlihat kusam. Melindungi body mobil dari goresan sebab lapisan wax membuat debu atau air meluncur dengan mudah sehingga tidak menimbulkan goresan. 


"Selain berfungsi melindungi, wax juga memiliki fungsi estetika yaitu membuat mobil Anda terlihat seperti baru karena cat lebih berkilau dan terlihat lebih cerah," katanya. 


Ada dua jenis bahan wax yang biasa dipakai, pertama 
terbuat dari pohon Carnauba asal Brazil. Keunggulan wax ini ketahanannya cukup tinggi terhadap air dan sinar matahari, tak heran harganya paling mahal.


"Selanjutnya jenis wax polymer yang dapat melindungi cat mobil sampai ke bagian pori dengan maksimal. Baik full maupun nano polymer," pungkas Andy. (tgh)





Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *