KEPRI

NASIONAL

POLITIK

OLAHRAGA

Mobil Metic Anda Terasa Kurang Lembut Bermanuver, Saatnya Cuci Darah Transmisi

Seorang mekanik terlihat melakukan flushing oli metic. Foto: par/kepriupdate


BATAM - Batam merupakan kota dengan pengguna kendaraan roda empat bertransmisi metic terbanyak di Indonesia. Hal itu dikarenakan kebiasaan menggunakan kendaraan eks Singapura.

Namun tidak semua pengguna mobil metic mengerti perawatan agar transmisi meticnya awet dan tetap halus dipakai. Mengganti oli metic secara rutin juga bisa mencegah kerusakan namun itu tidak disarankan bagi mobil tahun tinggi alias mobil tua.

Iwan, pemilik bengkel mobil di bilangan Marina menyebut ada cara ampuh agar metic yang mulai jedag jedug kembali normal. Caranya dengan melakukam flushing oli metic.

"Kalau kita menyebut flushing ini sebagai cuci darah, karena memang oli metic warnanya merah. Namu teknik ini intinya ialah membilas oli metic agar gearbox lebih bersih," ujar Iwan kepada keriupdate.com, Senin (2/1/2023).

Dalam melakukan proses cuci darah mobil metic, lanjut Iwan biasanya dikenakan tarif Rp600 ribu termasuk 3 liter oli metic. Kalau mobil konsumen mengkonsumsi lebih dari tiga maka kelebihannya ditanggung konsumen

"Alat yang kita pakai untuk cuci darah metic adalah mesin flushing ATF charger," ujar Iwan.

Nah, usai flushing metic tersebut lanjut mantan teknisi Isuzu ini, kondisi transmisi metic mobil anda akan semakin lembut dan anti slip.

"Kalau sudah cuci darah metic biasanya gram-gram sisa kampas dan komponen transmisi akan bersih. Inilah yang biasanya bikin slip dan jedag jedug," katanya.

Tunggu apalagi, sudahkah mobil metic anda dirawat secara flushing. Yuk cobain teknik ampuh satu ini agar terhindar dari turun gearbox yang tentu saja akan memakan biaya lebih besar lagi.(par)




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *