EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Suzuki Bakal Luncurkan 8 Model Motor Listrik, Mulai Skuter Hingga Sport Fairing

Siluet Motor Listrik Suzuki. Foto : Suzuki Japan



BATAM - Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia pecinta motor listrik. Produsen asal Jepang, Suzuki berencana menghadirkan sepeda motor listrik mulai 2024. Setidaknya ada delapan model motor listrik Suzuki yang mulai dilaunching tahun depan.

Hal itu diketahui berdasarkan dokumen berjudul Brief on Suzuki’s Growth Strategy for FY2030 yang dikeluarkan Suzuki Motor Corporation. Dalam dokumen itu terdapat siluet delapan motor listrik yang rencananya bakal dihadirkan Suzuki.

Jika melihat siluet tersebut, motor listrik Suzuki mulai model skuter matik atau skutik hingga motor sport fairing.

Deretan motor listrik ini rencananya bakal diluncurkan dalam rentang waktu mulai dari 2024 hingga 2030. Kendati demikian, belum diketahui model motor listrik apa yang akan dirilis Suzuki untuk tahun depan.

“Untuk sepeda motor kecil dan menengah yang digunakan sehari-hari seperti bepergian ke tempat kerja, sekolah, atau belanja, kami akan memperkenalkan versi listriknya pada FY2024,” demikian keterangan Suzuki, sebagaimana dikutip dari Motorcyclesports, Selasa (31/1/2023).

“Kami berencana untuk meluncurkan delapan model sampai FY2030 dengan rasio BEV 25 persen. Untuk sepeda motor besar untuk tujuan rekreasi, kami sedang mempertimbangkan untuk mengadopsi bahan bakar netral karbon,” lanjut pernyataan tersebut.

Rencana peluncuran delapan motor listrik ini merupakan bagian dari deklarasi Suzuki untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2050 di Eropa dan Asia di seluruh bisnis mobil, motor, ATV, dan lainnya.

Selain sepeda motor, Suzuki juga berencana menghadirkan berbagai model mobil listrik mulai tahun ini di Jepang dan tahun depan di Eropa. Salah satu mobil listrik yang bakal diluncurkan yakni Jimny dan Grand Vitara.(par)





Editor : Teguh