EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Anggaran Rp76,6 Triliun Disetujui, KPU Pastikan Pemilu 2024 Sesuai Jadwal

Ilustrasi Pemilu 2024


JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan Pemilu 2024 tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Pemerintah telah menyetujui anggaran pemilu sebesar Rp76,6 triliun.

"KPU itu yang menyelenggarakan Pemilu, tapi kami harus memastikan bahwa pemilu jalan terus sesuai dengan waktu dan jadwal yang ditentukan, anggaran juga sudah disiapkan oleh pemerintah," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari di Kompleks DPR, Jakarta Pusat,
Senin (6/2/2023) dilansir laman Sindonews.

Hasyim menjelaskan, anggaran Pemilu 2024 yang disetujui pemerintah sebesar Rp76,6 triliun. Pada tahun ini KPU mendapat anggaran sebesar Rp15.987.872.001. "Sudah, 2023 di daftar isian anggaran itu sudah diberikan kepada KPU," ucapnya.

Terkait wacana penundaan Pemilu 2024 yang
kembali bergulir, Hasyim enggan menanggapinya. Sebab, tugas KPU adalah menjalankan UU agar Pemilu terlaksana sesuai jadwal.

"Jangan tanya saya, kalau KPU kan memastikan pemilu jalan. Terus kalau ada orang ngomongin Pemilu ditunda, tanya orang itu," katanya.

Sebelumnya, Plt Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono menyatakan, ada kemungkinan wacana penundaan Pemilu 2024 benar-benar terjadi.

"Saya melihat bisa fifty-fifty (penundaan Pemilu 2024 terjadi)," kata Mardiono dalam wawancara khusus bersama MNC Portal Indonesia, Kamis (2/2/2023).

Menurutnya, jika pemulihan bangsa Indonesia pasca Covid-19 bisa dilakukan lebih cepat, ditambah tahapan Pemilu yang sudah diatur oleh penyelenggara Pemilu bisa berjalan dengan baik dan aman, dirinya memperkirakan Pemilu 2024 akan terlaksana sebagaimana semestinya.

Namun sebaliknya, jika dalam tahapan Pemilu ini nantinya proses pemulihan pasca Covid-19 belum terjadi, ditambah ancaman Indonesia atas resesi dunia kian nyata, maka hal ini harus benar-benar diwaspadai.(par)





Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *