EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Singkirkan La Nyalla, Meneg BUMN Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI

Erick Thohir terpilih sebagai Ketum PSSI gantikan Iwan Bule yang gagal total urus sepakbola Indonesia, Kamis (16/2/2023). (Foto /PSSI)


JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027 setelah menang voting Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Kamis, 16 Februari 2023.


Erick Thohir berhasil meraih suara mayoritas dari para pemegang hak suara, unggul jauh dari tiga pesaingnya dalam perlombaan ketua umum. Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA La Nyalla Mattalitti, memperoleh 22 suara, sementara Erick berhasil memenangkan 64 suara.

“Setelah penghitungan suara, AA La Nyalla mendapatkan 22 suara, Erick Thohir meraih 64 suara, sehingga Bapak Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027,” kata Ketua Komite Pemilihan (KP) Amir Burhanuddin saat membacakan hasil pemilihan.

Pemilihan berlangsung selama sekitar 38 menit dan diikuti oleh 86 pemegang hak suara yang terdiri dari asosiasi provinsi, klub Liga 1, Liga 2, Liga 3, federasi futsal, asosiasi pelatih, dan asosiasi sepak bola wanita.

Dalam pidatonya setelah pengumuman hasil suara, Erick mengatakan bahwa dia akan bekerja keras untuk memajukan sepak bola Indonesia dan membangun hubungan yang baik dengan pemerintah dan masyarakat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap ketua umum PSSI yang baru bisa mereformasi total PSSI.

"Pemerintah tidak ikut-ikutan di sana sesuai dengan statuta. Kita harapkan dengan ketua yang baru nanti terjadi reformasi total. Ini harapan dari kita," kata Jokowi di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023) dilansir detiksport.

"Sehingga persepakbolaan kita menjadi hidup dan bisa paling tidak ASEAN bisa step pertama bisa kita pegang dan Asia step yang kedua bisa kita pegang. Harapan pemerintah itu saja," tuturnya.

Ada empat kandidat yang bertarung memperebutkan PSSI 1. La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi, dan Arif Wicaksono yang maju. Satu kandidat lainnya, Fary Djemi Francis, mundur.

Sebanyak 86 votes mempunyai hak untuk menyalurkan suara dalam kongres pemilihan ketua baru kali ini. KLB PSSI sudah dimulai sejak pukul 9.00 WIB.(par)




Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *