EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Update Korban Gempa Turki dan Suriah Capai 1.504 Orang Tewas Tertimpa Puing

Kondisi Turki luluh lantak dihantam gempa bumi M 7,7, Senin (6/2/2023). 1.500 orang dilaporkan tewas termasuk wilayah Suriah. (Foto/Net).


TURKI - Laporan terbaru dari otorritas ankara menyebut sedikitnya 1.504 orang tewas di seluruh Turki dan Suriah, setelah gempa berkekuatan M 7,7 pada Senin (6/2/2023) pagi.

Ratusan orang juga dikabarkan mengalami luka-luka. Dari ribuan orang tewas itu, sebanyak 476 orang ditemukan di Suriah.

Sementara, sebanyak 326 orang sebagian besar ditemukan di wilayah Aleppo, Hama, Latakia dan Tartus.

Kantor berita negara Suriah juga melaporkan sedikitnya 1.042 orang cedera. Dari mereka yang kehilangan nyawa, setidaknya 139 berada di Latakia, kata gubernurnya kepada TV pemerintah Suriah.

Sementara itu, kelompok "White Helmets", yang secara resmi dikenal sebagai Pertahanan Sipil Suriah, juga melaporkan sedikitnya 150 kematian dan 350 luka-luka di wilayah yang dikuasai oposisi di barat laut Suriah.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pidato menyampaikan setidaknya 912 orang tewas dan 5.385 orang terluka di wilayahnya.

Seorang saksi mata CNN mengatakan gempa susulan masih terasa beberapa jam setelah gempa. Foto-foto juga muncul menunjukkan bencana setelah gempa, dengan seluruh bangunan runtuh dan mobil terguling.

Tim penyelamat bekerja menyusuri puing-puing infrastruktur yang ambruk untuk mencari korban selamat. Di sisi lain, pelabuhan Iskenderun di Turki selatan dan beberapa landasan pacu bandara telah rusak.(tgh)





Sumber : Cnnindonesia
Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *