EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Hilal Terlihat di Beberapa Daerah, NU Pastikan Awal Ramadhan Jatuh Kamis 23 Maret

Ilustrasi pemantauan hilal atau awal bulan Ramadhan 1444 H. Foto/net


GRESIK - Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Gresik optimis pemantauan hilal akan berlangsung lancar di Bukit Condrodipo. Ini karena didukung cuaca cerah.


Ketua LFNU Gresik, Muchyiddin Hasan mengatakan kondisi cuaca cerah tersebut, tentu memudahkan para perukyat melakukan penentuan awal Ramadhan 1444 H. Ia pun optimis hilal bisa terlihat hari ini.

"Kita harus optimis, apapun hasilnya akan kita laporkan ke PBNU dan Kemenag RI," kata, Muchyidin Hasan, kepada detikJatim, Rabu (22/3/2023).

Muchyidin menambahkan pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan di lokasi pemantauan hilal. Termasuk menyiapkan sejumlah alat yang sederhana hingga canggih. Alat ini yang nantinya akan digunakan untuk memantau posisi bulan.

"Persiapan sebenarnya sudah kita lakukan H-1. Untuk hari ini sudah kita pasang sejumlah alat pemantau. Sembari menunggu acara seremonial," tambahnya.

Dalam pelaksanaan pemantauan hilal, LFNU dibantu beberapa organisasi falakiyah hingga perguruan tinggi islam. Diantaranya, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Jawa Tengah, IAIN Kediri dan beberapa tamu yang hadir.

"Semuanya ikut terlibat melakukan pemantauan. Semoga hari ini diberikan kelancaran," tandas Muchyidin.

Sebelumnya, pantauan hilal dilakukan di 30 titik pemantauan di Jatim. Di Tanjung Kodok, Lamongan ketinggian hilal sudah terpantau melebihi Imkanur Rukyah atau 7,50 derajat.

"Ketinggian (saat ini) sudah cukup tinggi, 7 derajat lebih. Bahkan 7,50 derajat di Lamongan (Tanjung Kodok)," kata Analis Kebijakan Kanwil Kemenag Jatim Fauzi kepada detikJatim. (tgh)





Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *