EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Polisi Bekuk Anak Mantan Gubernur Kepri Isdianto Terkait Korupsi Dana Hibah Dispora

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Kepri, Kombes Pol Nasriadi. Foto: Fahrur/Kepriupdate


BATAM - Tim Tipikor Ditreskrimsus Polda Kepri yang dikomandoi Direktur Reserse Kriminal Khusus, Kombes Nasriadi, menangkap Ari Rosnandi, anak mantan Gubernur Kepri, Isdianto.

Ari diawal kasus ini bergulir menjabat sebagai Kasubdit Administrasi Penata Usaha di BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) Kepri. Ia diduga terlibat kuat dalam kasus dugaan korupsi dana hibah di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri tahun anggaran 2020.

Kemudian, sehari sebelum Ari ditangkap, polisi juga menangkap Abdi Surya Rendra, yang awal kasus ini menjabat Kabid Aset DPKAD.

Nasriadi membenarkan, proses penangkapan berlangsung selama dua hari. Abdi Surya Rendra ditangkap di Tanjungpinang, Kamis (30/3) lalu. Usai menangkap Abdi, polisi bergerak mencari tersangka lainnya, Ari Rosnandi.

Namun, saat polisi menyambangi lokasi Ari di Tanjungpinang, ia sudah tidak berada di lokasi. Tim Nasriadi kemudian mendapatkan informasi, Ari melarikan diri ke Batam. Tim Tipikor Ditreskrimsus Polda Kepri bergegas menuju ke Batam.

Sesampai di Batam, Ari sudah berpindah dan diketahui sudah berada di Jakarta. Pihaknya kemudian bergerak ke Jakarta. Setiba di Jakarta, langsung melakukan pemetaan situasi dan akhirnya berhasil menangkap Ari.

Bersamaan dengan penangkapan Ari, polisi mengamankan satu unit mobil Toyota Innova warna hitam dengan nomor pelat dinas milik Pemprov Kepri BP 1373 A, atas nama Sekretaris Dewan DPRD Provinsi Kepri. Saat penangkapan, Ari bersama sopir berinisial Min.

Ari Rosnandi, diamankan di Polresta Bandara Soekarno Hatta. Polda Kepri akan membawa tersangka ke Batam hari ini (1/4/2023).

Kasus ini terbilang besar. Karena, dari dugaan awal polisi mengusut kasus ini, uang negara hilang hampir mencapai Rp 20 miliar. Karena besarnya uang yang dikorupsi, Polda Kepri membagi kasus ini menjadi tiga klaster.

Dari kasus ini, puluhan orang saksi telah diperiksa polisi, termasuk mantan Gubernur Kepri, Isdianto. Dan sudah ada sekitar 12 orang yang ditetapkan tersangka termasuk anak Isdianto. (fah)






Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *