EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Black Box MAS MH370 Tertangkap Pelacak

blackbox masPERT - Situs berita Wall Street Journal melaporkan, tim Australia berhasil menangkap sinyal dari black box Malaysia Airlines yang hilang 8 Maret lalu. Sinyal terdengar di wilayah laut Samudra Hindia sejauh 570 mil sebelah barat laut dari Exmouth, sebuah kota terpencil di Australia yang berjarak sekitar 789 km dari sebelah utara Kota Perth.
 
Angus Houston, kepala badan koordinasi pencarian MH370 dari Australia, mengatakan setelah sebulan mencari pesawat yang hilang sejak 8 Maret 2014, kini baterai kotak hitam telah sekarat atau bahkan mungkin sudah mati.
 
“Locator beacon  (baterai kotak hitam) memiliki umur 30 hari dan kita sekarang melewati waktu itu. Sebagai akibatnya, ada kemungkinan bahwa transmisi locator telah berhenti,” kata Houston, seperti dikutip Reuters. ”Ini semua sangat seimbang dan saya pikir itu benar-benar penting untuk menemukan sesuatu yang lain.”
 
“Kami cukup yakin bahwa kita berada di area yang tepat, karena perhitungan dari daerah pencarian yang tepat di mana kita menemukan sinyal transmisi itu,” imbuh Houston.
 
Sementara itu, Menteri Transportasi Malaysia, Hishammuddin Hussein, berharap sinyal yang terdeteksi itu positif dari kotak hitam pesawat MH370. Dia juga menyatakan, tidak ada indikasi adanya penumpang atau awak pesawat MH370 yang selamat dalam tragedi tersebut. (net)