EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Ditarik dari KPK, Irjen Karyoto Jadi Kapolda Metro Jaya, Anis Baswedan Tersangka?

Irjen Pol Karyoto saat jabat Deputi Penindakan KPK. Foto/porosjakarta


JAKARTA - Mabes Polri memutasi jabatan kepala kepolisian daerah (Kapolda). Total ada 7 kapolda yang dimutasi oleh Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Mutasi tersebut tertuang dalam ST/713/III/Kep./2023 tanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. Mutasi ini dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Salah satu yang jadi perhatian publik ketika Listyo menunjuk Irjen Karyoto yang sebelumnya ditugaskan sebagai Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi Kapolda Metro Jaya.

Mantan Kapolresta Barelang itu ditunjuk menggantikan posisi Irjen Fadil Imran yang sekarang menempati posisi Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri. Fadil menggantikan posisi Komjen Arief Sulistyo yang dimutasi dalam rangka pensiun.

Penunjukan Irjen Karyoto jadi Kapolda Metro Jaya disebut-sebut turut andil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang sebelumnya pernah mengirim surat kepada Mabes Polri berisi rekomendasi agar menarik Deputi Penindakan KPK Karyoto dan Direktur Penyelidikan Endar Prihantoro.

Sebelumnya Direktur Penyelidikan KPK Endar Priantoro dan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) atas dugaan melawan perintah atasan.

Hal itu imbas dari gelar perkara atau ekspose penyelenggaraan Formula E yang tak kunjung ditingkatkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan. T
iga pimpinan KPK yaitu Firli Bahuri, Alexander Marwata dan Johanis Tanak bersikeras mentersangkakan Anis Baswedan.

Dari 473 personel yang dimutasi, di antaranya ada 7 jabatan Kapolda yang diganti. Berikut kapolda baru yang ditunjuk kapolri:

1. Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto eks KPK
2. Kapolda Sulteng Irjen Agus Nugroho
3. Kapolda Jawa Barat Irjen Akhmad Wiyagus
4. Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika
5. Kapolda Gorontalo Irjan Angesta Romano Yoyol
6. Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Pipit Rismanto
7. Kapolda Sulsel Setyo Boedi Moempoeni.

Sementara itu, ada 3 pamen dan pati yang mendapatkan promosi di Mabes Polri yakni:

1. Irjen Fadil Imran sebagai Kabaharkam eks Kapolda Metro Jaya
2. Komjen Purwadi Ariyanto sebagai Kalemdiklat
3. Kombes Nanang Chadarusman sebagai Kasetum.(par)






Editor : Teguh

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *