EKONOMI

NASIONAL

POLITIK

Bupati Lantik Pengurus Forum Anak Kabupaten Natuna Masa Periode 2024-2025

Bupati foto bersama para pemuda pemudi usai pelantikan forum anak Natuna. Foto/Rusdi


NATUNA - Bupati Natuna, Wan Siswandi mengukuhkan dan melantik secara langsung Pengurus Forum Anak Kabupaten Natuna masa periode 2024-2025.


Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Natuna Nomor 64 tahun 2024 tentang perubahan Keputusan Bupati Natuna Nomor 354 tahun 2022 tentang Pengurus Forum Anak Kabupaten Natuna Periode Tahun 2023 sampai 2024.


Kegiatan berlangsung di Gedung Wanita, Jalan Batu Sisir, Kecamatan Bunguran Timur, Ranai pada Rabu (06/03/2024).


Bupati Natuna, Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan sampai hari ini masih cukup banyak persoalan anak yang masih belum terselesaikan.

 

"Namun pada hakikatnya pemerintah terus berusaha menyikapi hal ini, agar ada jalan penyelesaian yang baik," sebut Bupati Siswandi.


Ia juga menyampaikan sejumlah pesan, namun sebelum pesan disampaikan ia terlebih dahulu mengemukakan harapannya kepada pengurus Forum Anak Kabupaten Natuna yang baru saja dilantik.


"Harapannya dengan pengukuhan dan pelantikan ini hendaknya pengurus dapat melakukan yang terbaik sesuai dengan tugas yang telah diamanahkan," ucapnya.


Selanjutnya ia juga meminta kepada para guru agar selalu memantau, membimbing dan memandu kepengurusan forum anak tersebut.


"Karena kami pemerintah tidak memiliki begitu banyak kesempatan untuk selalu berada di dekat anak-anak kita," pintanya.


Kemudian ia menyampaikan pesan kepada seluruh anak Natuna, khususnya kepada pengurus Forum Anak Natuna.


Ia berpesan agar senantiasa mengawasi diri sendiri dari perbuatan yang tidak bermanfaat dan dari tindakan-tindakan yang dapat membahayakan.


Pesan ini disampaikan dengan alasan karena orang tua tidak bisa setiap saat menjaga anaknya, begitu juga dengan sekolah, apalagi pemerintah. 


"Maka yang paling utama adalah menjaga diri sendiri karena tak ada seorangpun yang paling dekat dari kita kecuali diri kita sendiri," pesannya.


Selain itu Bupati Siswandi juga menekankan kepada anak Natuna agar memiliki tekad dan upaya untuk menjadi insan yang mandiri. 


Hal ini penting untuk menunjang keberlangsungan hidup pada masa-masa sulit dan pada zaman yang sangat kompleks ini. 


"Jadi berdiri diatas kaki sendiri harus menjadi tekad anak-anakku semua. Kalau orang tua tak bisa bantu suatu saat nanti, hidup akan payah kalau tidak memiliki nilai kemandirian. Ini lah yang kami sasar dalam pembangunan, karena kemandirian ini sangat kita perlukan," ujarnya.



Sementara Ketua panitia pelaksana, Sri Riawati menyampaikan forum anak merupakan agen pelopor perubahan dan pengembangan bagi anak itu sendiri.


"Forum ini diperuntukkan mendorong keterlibatan anak dalam pembangunan sebagai agen perubahan," jelas Sri.


Lanjut Sri, pada masa ini kekerasan masih terjadi pada anak, untuk itu forum ini hadir sebagai bentuk upaya dari pemerintah hadir untuk memberikan dukungan dan perlindungan bagi anak.


"Untuk itu perlunya forum anak sebagai wadah pengembangan, wadah penyampaian pendapat dan tempat berinteraksi diluar jadwal sekolah," lugas Sri.


Lebih lanjut, Sri juga melaporkan kegiatan akan berlangsung selama satu hari di Gedung Wanita.


Terpilih sebagai Ketua Pengurus Forum Anak Kabupaten Natuna periode ini atas nama Syahid Nopalian dari MAN 1 Ranai.(rus)






Editor: Rozi

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *